Visit Tidore Island - Menariknya Tidore

tidore untuk indonesia edit by rongsoqan.blogspot.co.id
Pembuka

Indonesia merupakan negara dengan pulau yang berjumlah sekitar 17.508 pulau. Dari banyaknya pulau yang ada di Indonesia, masing-masing pulau yang berpenhuni pasti memiliki sejarah, budaya, adat istiadat atau keindahan alam di dalamnya. Sehingga Indonesia merupakan negara kaya akan hal itu.

Dari banyaknya pulau yang ada di Indonesia, Tidore merupakan salah satu pulau berpenghuni yang memiliki sejarah, budaya, adat istiadat serta keindahan panorama alam yang menarik yang ada di Indonesia tepatnya dalam Kepulauan Maluku Utara.

Sehingga dalam artikel ini, RongsoQan akan mengulas tentang betapa menariknya Pulau Tidore.

Sejarah Singkat Tidore


Untuk bagian artikel menariknya Tidore yang pertama, alangkah tidak afdol jika tidak menengok sejarah asal usul Pulau tidore.

Tidore ini merupakan pulau kecil, yang berada di kepulauan Maluku Utara. Dari sejarahnya, pulau Tidore ini dikenal dengan pulau "Limau Duko" atau "Kie Duko" artinya adalah pulau yang bergunung api. Itu adalah sebutan sebelum datangnya agama Islam ke Indonesia.

Semenjak datang Islam ke Indonesia, nama pulau "Tidore" menjadi ganti dari nama sebelumnya. Nama Tidore ini berasal dari gabungan kata yang memiliki arti. Kata tersebut adalah "To, ado, re" yang artinya aku telah sampai (dalam bahasa Tidore).

Sekitar abad ke 16 sampai abad 18, kerajaan Tidore mencapai kejayaannya. Tidore ini merupakan pulau dengan kerajaan Islam yang berada di pusat kota Tidore, yang berbentuk Kesultanan. Di bawah ini adalah gambar bendera, lambang dan wilayah kesultanan tidore pada abad ke 16.

kesultanan tidore
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kesultanan_Tidore
Kemudian di bawah ini adalah raja dan sultan yang pernah bertahta untuk Pulau Tidore.

daftar raja dan sultan yang pernah bertahta di Tidore
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kesultanan_Tidore
Dan di bawah ini adalah sosok Sultan Husain Syah. Beliau merupakan Sultan Tidore ke-37, setelah terbentuknya pemerintah kesultanan sejak pertama tahun 1108 Miladyah. Dan sekarang Tidore menginjak usia 909 tahun di tanggal 12 April 2017.

Sultan Husain Syah
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Adat Kebudayaan Tidore


Bicara tentang adat kebudayaan, saya rasa ini akan menjadi ulasan yang menarik dari Pulau Tidore. Adat dan kebudayaan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan bersama, biasanya keterkaitan erat dengan adat leluhur, tradisi islam dan seni.

Kepulauan Tidore pastinya juga mempunyai adat kebudayaan yang tidak kalah menarik dengan kepulauan lainnya. Yang membuat saya tertarik untuk mengulas adat kebudayaan yang menarik adalah adat kebudayaan yang berhubungan dengan seni.


Tarian Adat Tidore


Yang berhubungan dengan adat seni yang pertama adalah mengenai tarian adat atau tarian tradisional yang menjadi ciri khas Kepulauan Tidore. Jika kalian berkunjung ke Pulau Tidore pada hari-hari penting Tidore, maka kemungkinan besar kalian bisa juga menyaksikan Tarian-tarian Khas Tidore ini sebagai bonus berkunjung ke Pulau Tidore.

1. Tari Soya-soya

tarian soya-soya khas tidore
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/


Gambar di atas merupakan tiga penari soya-soya dengan pakaian adat tarian soya-soya khas Tidore yang sedang berfoto dengan mbak Katerina selaku Travel Blogger Tidore.

Dari sejarah tari Soya-soya, tari soya-soya pada zaman dulu digunakan sebagai tarian untuk menyambut pasukan yang pulang setelah berperang. Namun dengan seiring berjalannya waktu, tari soya-soya sekarang ini menjadi tarian yang dipentaskan juga sebagai tarian untuk menyambut tamu agung yang datang berkunjung ke Tidore. Sebagai contoh di tahun 2017 ini, tari soya-soya digunakan sebagai penyambutan walikota Tidore Kepulauan serta tamu undangan dalam acara Blogger Gathering.

Di bawah ini adalah tampilan video yang di unggah melalui instagram Visit Tidore Island.




2. Tarian Kapita

tarian apita khas tidore
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/
Selanjutnya adalah Tarian Kapita. Nama dari Kapita memiliki arti Pemimpin Perang. Tarian kapita ini menceritakan tentang perlawanan masyarakat Pulau Tidore terhadap para penjajah kepulauan Maluku pada zaman dulu. Di dalam tariannya, tarian kapita merupakan tarian seruan cakalele yang dalam gerakannya melambangkan perlawanan terhadap para penjajah.

Tari kapita ini digunakan dalam acara adat kesultanan sebagai penjemputan tamu agung di istana kesultanan Tidore.

Di bawah ini merupakan video Tarian Kapita khas Tidore yang di unggah oleh Channel Youtube Rahasia Tidore.



Permainan Tradisional Tidore


Selain tarian adat yang menarik, Tidore juga memiliki permainan tradisional yang tidak kalah menarik. Salah satu permainan Tidore yang menarik adalah atraksi permainan tradisional Bambu Gila.

Yang menarik dari permainan Bambu Gila ini adalah ketika peserta yang ikut dalam permainan terpontang-panting karena memegang bambu yang sudah dimantrai oleh seorang Pawang. Lihat keseruan permainan Bambu Gila dalam video Instagram di bawah ini.




Tempat Wisata di Tidore


Tidore merupakan plau kecil yang bersejarah dan memiliki keindahan alam di sekelilingnya. Menariknya Tidore, tidak lepas akan tempat wisata yang beragan di Pulau Tidore. Untuk itu, simak tempat-tempat wisata di Tidore yang akan membuat kalian kepingin berwisata ke Tidore.

1. Kedaton Kesultanan Tidore

kedaton kesultanan tidore
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Yang pertama adalah tempat wisata bersejarah yang ada di Tidore, Kedaton Kesultanan Tidore ini terletak di Pusat Kota Tidore Kepulauan. Dalam kedaton tersebut, banyak barang bersejarah dari koleksi kesultanan Tidore. Salah satu barang sejarahnya adalah Mahkota Kesultanan Tidore yang terdapat hiasan batu mulia dan rambut mahkota yang bisa tumbuh.

mahkota kesultanan tidore.jpg
Sumber : https://www.instagram.com/p/BQZp3CBAQiR/?tagged=ngofatidore

Namun untuk berkunjung di Kedaton Kesultanan Tidore ini, terdapat aturan pakaian ketika berkunjung. Untuk pengunjung wanita harus menggunakan pakaian muslim dengan sarung sebagai penutup rambut, sedangkan pengunjung pria menggunakan songkok.

2. Benteng Torre

benteng torre di tidore
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Benteng Torre ini terletak sekitar 50 meter di samping Kedaton Kesultanan Tidore (Kadato Kie). Benteng Torre ini pada zaman dulu dibangun oleh bangsa Portugis.

Jika kalian berkunjung ke Benteng Torre, maka kalian akan disuguhkan dengan bebatuan gunung yang menjadi bahan utama pembangunan Benteng Torre. Selain itu, kalian akan menikmati pemandangan panorama alam yang indah di Tidore. Karena Benteng Torre terletak di ketinggian sekitar 60 meter di atas permukaan laut dan harus menaiki sekitar 122 anak tangga untuk mencapai Benteng.

3. Benteng Tahula

benteng tahula di tidore
Sumber : http://kebudayaan.kemdikbud.go.id

Benteng yang tak kalah menarik lainnya di Pulau Tidore adalah Benteng Tahula. Benteng ini juga masih terletak tidak jauh dari Kedaton Kesultanan, kurang lebih 100 meter tepatnya di desa Soa Siu. Jika kalian berkunjung ke Benteng Tahula, kalian juga akan disuguhi pemandangan yang menarik dari ketinggian di Benteng Tahula.

Berbicara mengenai sejarah Benteng Tahula, benteng ini dulunya dibangun oleh Bangsa Spanyol sebagai basis militer. Salah satu alasan dibangunnya Benteng Tahula, konon karena persaingan antara Bangsa Spanyol dengan Bangsa Portugis.

Di bawah ini adalah video tentang kondisi Benteng Tahula yang di upload oleh Channel Youtube IndonesiaKaya.



4. Air Terjun Fabaharu

air terjun fabaharu tidore
https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Setelah mengulas tempat wisata bersejarah di Pulau Tidore, kali ini adalah tempat wisata keindahan alam di Tidore. Yang pertama adalah Air Terjun Fabaharu.

Air Terjun Fabaharu merupakan air terjun yang patut dikunjungi kalau kalian berkunjung ke Pulau Tidore. Air Terjun Fabaharu ini memiliki keindahan alam dengan air yang bersih dan tumbuhan hijau di sekelilingnya. Sunguh asyik kalau kalian berkunjung ke Air Terjun Fabaharu untuk mandi atau sekedar bermain air di bawah terjunan air yang pastinya menyejukkan pikiran.

Jika kalian berminat berkunjung ke Air Terjun Fabaharu, kalian harus menuju desa Kalaodi kecamatan Tidore yang menjadi alamat dari letak Air Terjun Fabaharu.

5. Ake Celeng

air terjun mini ake celeng.jpg
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/
Masih tempat wisata di Tidore dari desa Kalaodi kecamatan Tidore. Ake Celeng (dalam bahasa Tidore) artinya adalah air dingin. Jadi jika kalian mandi di Ake Celeng, maka kalian akan merasakan mandi dengan suhu yang dingin.

Ake Celeng ini disebut juga air terjun mini, karena terdapat aliran air yang menuju pada kolam seperti mangkok dengan debit air yang kecil. Sebenarnya kolam Ake Celeng berbentuk seperti mangkok karena tempat kolam yang terbentuk dari cekungan batu. Kabarnya, untuk datang ke Ake Celeng lebih asyik ketika musim hujan. Karena kalau musim hujan, maka debit aliran air Ake Celeng akan lebih besar.

Lihat dengan menonton video keseruan mandi (bermain air) di Ake Celeng di bawah ini. Video ini di upload oleh Channel Youtube irianto udin.



6. Air Terjun Sigela

air terjun sigela.jpg
Sumber : https://twitter.com/kitorang_maluku/status/325182630247165954
Kemudian beralih ke tempat wisata Air Terjun Sigela yang terletak di desa Sigela, kecamatan Oba, Tidore Kepulauan. Air Terjun Sigela ini juga tidak kalah menarik dengan Air Terjun Fabaharu.

Jika kalian berkunjung ke Air Terjun Sigela, kalian juga akan mendapatkan suasana yang adem karena Air Terjun Sigela juga dikelilingi pepohonan yang hijau dan rimbun. Selain itu, Air Terjun Sigela ini cocok untuk mandi dan menghilangkan kepenatan kalian.

Lihat video yang di upload oleh Channel Youtube Si Puji untuk melihat lebih menariknya Air Terjun Sigela di bawah ini.


7. Puncak Kie Matubu

puncak kie matubu.jpg
https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Setelah wisata air terjun sekarang ke wisata Puncak Kie Matubu atau biasa disebut juga Gunung Tidore. Gambar di atas merupakan foto dari atas Puncak Kie Matubu. Dari atas bisa terlihat keindahan panorama sekeliling Tidore yang menakjubkan. Bahkan pusat kota Tidore Kepulauan juga terlihat dari atas Puncak Kie Matubu, meskipun terlihat kecil dan tidak jelas. 

Nah, jika kalian memiliki jiwa petualang ataupun pendaki, Puncak Kie Matubu (Gunung Tidore) ini sangat cocok untuk menjadi salah satu daftar gunung yang harus kalian daki (taklukan). Untuk memulai pendakian, kalian harus menuju salah satu desa di Tidore Kepulauan, yaitu  di desa Garabunga untuk meminta izin terlebih dahulu kepada Kepala Lurah.

Kabarnya dulu di Gunung Tidore ini juga pernah ada fenomena awan tersangkut, di tahun 2016 lalu. Jika ingin mengetahui ulasan fenomena, silahkan browsing di Google ya.

Nah ini dia jika kalian ingin melihat video suasana dari Puncak Kie Matubu yang keren. Di bawah ini adalah video yang di upload oleh Channel Youtube sasdirais indonesiana.



8. Pulau Failonga

pulau failonga.jpg
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Selanjutnya adalah tempat wisata menarik di Pulau Failonga. Pulau Failonga ini merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni dan masih dalam Kepulauan Tidore.

Dari gambar di atas sudah terlihat jelas bagaimana menawannya Pulau Failonga ini. Yang menarik adalah pantai dengan pasir putih dan birunya air laut yang sangat jernih. Sehingga jika kalian menyelam (snorkeling) di sana, maka akan menjumpai banyak makhluk dalam air dan keindahan terumbu karang yang cantik-cantik.

Lihat keseruan apa saja yang bisa kalian dapatkan jika berkunjung ke Pulau Failonga di Kepulauan Tidore ini. Seperti keseruan video yang di upload oleh Channel Youtube Communication Mercubuana, yang bikin ngiler saya pingin ke sana (pasti kalian juga).


9. Pantai Cobo

pantai cobo Tidore.jpg
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Kemudian di sebelah bagian utara Pulau Tidore ada Pantai Cobo, tepatnya di desa Jiko Cobo. Pantai ini ramai dikunjungi bila masa liburan tiba. Jika kalian berlibur di Pantai Cobo ini, kalian bisa bermain air atau hanya sekedar bermain pasir di Pantai Cobo ini.

Keindahan alam yang sangat menarik di Pantai Cobo apabila kalian melihat sunrise / sunset dari pantai ini.

Mengenal lebih dari Pantai Cobo, kalian bisa lihat video yang di upload oleh Channel Youtube Komunitas Garasi Genta Maluku Utara di bawah ini.


10. Pantai Akesahu

Pantai Akesahu Taso.jpg
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/
Masih dari segi wisata pantai dari Pulau Tidore. Kali ini Pantai Akesahu. Selain kalian bisa bermain air atau pasir di Pantai Akesahu, kalian juga bisa menikmati mandi air panas di Pantai Akesahu.

Kata Akesahu sendiri memiliki arti air panas. Air panas ini adalah sebuah keunikan yang dimiliki oleh Pantai Akesahu. Di mana terdapat sumber air panas di pantai yang hanya dibatasi antara palungan dan bibir pantai dengan tembok, dan ada juga sumber air panas yang hampir menyatu dengan bibir pantai.

Ada dua kelurahan yang bisa kalian datangi untuk mengunjungi Pantai Akesahu, yaitu kelurahan Doyado dan Taso. Kabarnya, mandi air panas di Pantai Akesahu dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit.

palungan air panas akesahu.jpg
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

11. Pantai Rum

pantai rum tidore.jpg
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Di kecamatan Tidore Utara, kalian juga bisa mengunjungi salah satu destinasi pariwisata di pulau Tidore, yaitu Pantai Rum. Pantai Rum ini tidak jauh dari Pelabuhan Rum, hanya sekitar beberapa menit dari pelabuhan menuju pantai. Jadi kalian bisa menyempatkan berkunjung ke Pantai Rum pertama kali jika berkunjung ke Pulau Tidore.

12. Wisata Pancing Pulau Woda

wisata pancing pulau woda di tidore
Sumber : http://tips-wisata-indonesia.blogspot.co.id

Jika kalian berlibur beberapa hari di Pulau Tidore, kalian yang memiliki hobi memancing juga bisa menikmati wisata memancing di Pulau Woda. Pulau Woda ini terletak di kecamatan Oba, Tidore Kepulauan. Dulu pulau Oba ini adalah pulau berpenghuni, namun sekarang menjadi salah satu pulau tidak berpenghuni di KepulauanTidore. Jadi kalian juga bisa melihat bekas bangunan peninggalan penghuni Pulau Woda dahulu.


Kuliner Khas Tidore


Selain tempat wisata yang menarik yang telah saya ulas, sekarang giliran saya mengulas kuliner khas Tidore. Kuliner ini adalah pasangan yang cocok dengan wisata (wisata dan kuliner), oleh sebab itu, yuk ketahui apa saja kuliner khas Tidore di bawah ini.

1. Kuliner Ikan Asap

Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Tidore merupakan pulau yang dekat dan dikelilingi oleh laut. Jadi kuliner yang bisa kalian nikmati atau bisa dibuat oleh-oleh adalah kuliner berjenis ikan-ikanan.

Di atas merupakan gambar Ikan Fufu yang di asap. Jika kalian berniat menikmati kuliner ikan-ikanan, ada banyak jenis ikan seperti ikan Ngafi, Ikan Cakalang, Ikan Tore serta Ikan Fufu yang bisa kalian nikmati atau di buat oleh-oleh dalam bentuk ikan mentah.

2. Dalampa dan Goboro

dalampa makan khas tidore.jpg
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Masih kuliner khas Tidore berjenis ikan-ikanan. Dalampa merupakan kuliner khas Tidore yang berupa nasi bakar isi ikan. Dalam gambar di atas, Dalampa yang berbentuk lonjong.

Kemudian yang berbentuk segitiga adalah Goboro. Goboroo ini hanya nasi atau jagung yang dibentuk segitiga.

3. Rica Isi

rica isi makanan khas tidore.jpg
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Nah kuliner khas Tidore jenis ikan-ikanan yang ketiga versi RongsoQan adalah Rica Isi. Rica Ini merupakan cabe merah yang isinya ikan (tentunya sudah dimasak). Dalamnya bisa berisi ikan cakalang atau mungkin jenis ikan lainnya.

Rica Isi ini merupakan makanan yang unik, khas dari Tidore yang cocok untuk kalian cicipi kalau berkunjung ke Tidore.

4. Sagu

Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Sagu ini merupakan makanan pokok pengganti nasi khas Tidore. Makanan sagu ini telah di olah, ada yang terbuat dari tanaman sagu dan singkong. Namun meskipun terbuat dari singkong, penyebutannya tetap Sagu.

Nah katanya, menikmati satu lapis dari Sagu ini saja sangat memuaskan perut. Sagu juga bisa dinikmati dengan di celupkan ke minuman atau diberi selai agar lebih nikmat.

5. Kue Abu

Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Yang satu ini namanya adalah Kue Abu. Kue Abu ini makanan tradisional khas Tidore yang memiliki citarasa manis tapi juga tidak terlalu manis, jadinya manis yang pas. Kalau di Jawa, ini kayanya seperti Kue Mbel-mbel.

6. Kue Angka

kue angka khas tidore.jpg
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Masih jenis makanan tradisional khas Tidore jenis kue. Yang ini namanya Kue Angka. Kue Angka ini merupakan kue yang pengolahannya secara dipangang, dari campuran bahan tepung terigu, santan dan buah kenari. Cocok untuk oleh-oleh atau cemilan sambil ngopi.

7. Bolu Lapis Khas Tidore

bol lapis khas tidore.jpg
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Umumnya sih seperti Kue Terang Bulan. Namun di Tidore ini merupakan makanan khas Tidore, yaitu bolu dengan tumpukan tiga lapis, yang diantara lapisannya terdapat selai yang terbuat dari buah kenari, pandan dan gula aren. Melihat dari sebagian potongan bolu yang ada digambar saja kelihatannya sangat mengenyangkan.

8. Pisang Coe

pisang coe khas tidore.jpg
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Pisang Coe merupakan kue dengan bahan utamanya adalah pisang. Di Tidore makanan khas Pisang Coe memiliki wangi melati.


9. Papeda

papeda makanan khas tidore.jpg
Sumber :  indonesiamagz.com

Yang satu ini makanan khas Tidore namanya Papeda. Papeda ini merupakan makanan sejenis bubur yang terbuat dari sagu, cocok untuk disantap dengan bumbu kuah dan dicampur dengan masakan ikan khas Tidore.

Sekilas Papeda ini seperti lem yang lengket, namun apabila sudah kalian santap maka memiliki rasa dengan tekstur yang lembut dan tidak lengket.

10. Nasi Jaha

nasi jaha khas tidore.jpg
Sunber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Kalau yang ini adalah makanan kuliner khas Tidore yang namanya Nasi Jaha. Nasi Jaha ini sejenis lemang yang dimasaknya dalam bambu dan masih menggunakan cara tradisional. Cocok untuk oleh-oleh keluarga yang pastinya memiliki citarasa yang khas dari Tidore.

11. Air Guraka

air guraka.jpg
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Setelah membahas beberapa kuliner khas Tidore, sekarang giliran minuman khas Tidore. Minuman pada gambar di atas biasa disebut Air Guraka. Air Guraka ini dibuat dengan campuran gula merah, jahe merah dan buah kenari yang di campur dan disajikan dengan air hangat. Cocok untuk menghangatkan badan setelah mandi atau bermain air di tempat wisata Tidore. 

12. Kopi Dabe

kopi dabe khas tidore
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Yang ini adalah minuman kopi khas Tidore, namanya Kopi Dabe. Kopi Dabe ini kabarnya memiliki kombinasi dari campuran rempah-rempah. Sehingga jika disajikan, Kopi Dabe ini memiliki aroma yang unik yaitu adanya bau rempah-rempah seperti cengkeh, pala dan kayu manis menjadi satu. Dan Tidore merupakan kepulauan yang kaya akan rempah-rempah tersebut.

Jika kalian pecinta (suka) kopi, maka dengan menikmati Kopi Dabe khas Tidore ini akan menjadi kopi yang memiliki citarasa khas dan berbeda dengan kopi pada umumnya. Saya sendiri juga pemuda yang suka minum kopi, mungkin jika ada kesempatan berkunjung ke Tidore harus mencicipi Kopi Dabe ini.

Desa Gurabunga di Tidore


Desa Gurabunga merupakan sebuah desa yang masih berada di Pulau Tidore, tepatnya di kecamatan Tidore, kota Tidore Kepulauan. Lalu apa yang menarik dari desa Gurabunga?

Desa Gurabunga ini merupakan desa yang terkenal dengan sebutan Negeri di Atas Awan. Tepatnya, Gurabunga disebut Negeri di Atas Awan karena Gurabunga merupakan desa di Tidore yang terletak di lereng Gunung Tidore (Kie Matubu). Nah, setiap kali Gunung Tidore diselimuti kabut tersebutlah yang membuat desa Gurabunga seperti di atas awan. Hingga akhirnya kini desa Gurabunga dikenal dengan Negeri di Atas Awan dari Tidore.

gurabunga negeri di atas awan
Sumber : instagram.com/visit.tidoreisland/
Desa Gurabunga yang terletak di lereng Gunung Tidore dengan ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut ini memiliki suhu yang dingin, sehingga suasana sejuk yang akan kalian rasakan bila berkunjung ke desa Gurabunga ini. Selain itu, desa Gurabunga merupakan desa yang masih terdapat banyak bangunan rumah adat Tidore dengan perkarangan bunga yang menghiasi setiap rumah.

desa gurabunga di lereng gunung tidore
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/
 Jadi untuk kalian para wisatawan (Traveler), jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi desa Gurabunga ini.

Pulau di Pecahan Uang Kertas Seribu Rupiah


Ternyata, Pulau Tidore dan Pulau Maitara ini merupakan pulau yang menjadi icon pada pecahan uang kertas seribu rupiah. Gambar seperti kedua gunung di belakang tokoh pahlawan Pangeran Pattimura tersebutlah yang sebenarnya adalah kedua pulau, yaitu Pulau Tidore dan Maitara. Keterangan ini tertulis jelas dalam pecahan uang kertas seribu rupiah.

Nah jika kalian mau perjalanan menuju Tidore, kalian bisa melihat langsung kedua pulau yang ada pada icon pecahan uang kertas seribu rupiah tersebut.

Pulau Tidore dan Maitara yang ada di pecahan uang kertas seribu rupiah
Sumber : http://www.lihat.co.id


Visit Tidore Island


Dalam bagian ini, saya akan memberi informasi bagaimana hendaknya kalau kalian mau berkunjung ke Pulau Tidore. Dari hal-hal menarik mulai dari kebudayaan, tempat wisata dan kuliner, tentu akan membuat orang yang suka traveling menjadikan Tidore sebagai jadwal yang harus dikunjungi.

Pesan Paket di Ngofa Tidore Tour and Travel Team


ngofa tidore tour and travel team
Sumber : https://www.instagram.com/visit.tidoreisland/

Yang harus kalian lakukan sebelum berkunjung (traveling) ke Tidore yang pertama adalah pesan paket wisata di Ngofa Tidore Tour and Travel Team. Ngofa Tidore merupakan tim tour and travel di Tidore yang benar-benar paham betul sejarah, kebudayaan maupun wisata di Pulau Tidore.

Kalau kalian mau pilih dan memesan paket, silahkan mengajukan pertanyaan di akun Instagram @visit.tidoreisland tentang apa saja paket di Tidore atau cara memesan paket di Ngofa Tidore.

Melancong ke Tidore


Ini merupakan bagaimana cara kalian bisa melancong (berkunjung) ke Pulau Tidore untuk yang berdomisii di luar Provinsi Maluku Utara.

Untuk melancong ke Pulau Tidore, kalian bisa melakukan penerbangan langsung dari Jakarta. Berhubung Pulau Tidore belum memiliki bandara, jadi tujuan penerbangan kalian adalah Bandara Sultan Babullah yang ada di Pulau Tidore. Setibanya di Bandara Sultan Babullah, kalian melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum menuju Pelabuhan Bastiong.

Dari Pelabuhan Bastiong tujuan selanjutnya kalian adalah Pelabuhan Rum yang ada di Tidore Kepulauan. Dari Pelabuhan Bastiong kalian bisa menggunakan transportasi laut Kapal Feri dan Speed Boat.

Setelah itu, kalian bisa menggunakan transportasi umum di Tidore untuk menuju tempat wisata tujuan kalian.

Penutup

Nah itulah ulasan dari RongsoQan tentang "Menariknya Tidore". Hal-hal menarik di atas mungkin hanya sebagian hal menarik yang dapat saya ulas dari Tidore untuk Indonesia. Jadi sudah pasti banyak hal menarik lainnya yang belum di ulas karena beberapa alasan.

Dan salah satu alasannya adalah karena tidak melakukan eksplorisasi secara langsung. Namun meskipun begitu, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua Warga Negara Indonesia khususnya para Travelers sebagai informasi mengenai Tidore yang patut dikunjungi.

Materi dalam artikel ini dikutip dari berbagai sumber pencarian di Google dan postingan Instagram @visit.tidoreisland dan diposting dengan gaya penulisan blog RongsoQan.


lomba blog tidore untuk indonesia.jpg

0 komentar:

Post a Comment